h1

Etika, dibutuhkan atau tidak?

Beberapa waktu ini aku dihadapkan pada beberapa realita mengenai hal yang sebenrnya sepele (selalu dibahas ketika kita masih berada masa sekolah) tetapi sangat esensial, yaitu etika. Contoh nyata kasus mengenai etika ini mudah ditemui di kehidupan kita sehari-hari. Saksikan saja di persimpangan lampu merah, di jalan raya, di kelas-kelas sekolah, di gang-gang, dll. Pengertian etika menurutku adalah sesuatu yang dinilai apakah baik atau buruk berdasarkan subjektivas seseorang. Seseorang dinilai beretika bagi seseorang bila orang tersebut memiliki pandangan yang sama dalam melakukan sesuatu. Karena disini berlaku sebuah subjektivitas, maka etika distandarkan pada tingkatan sekolah. Biasanya orang yang membuang sampah sembarangan dinilai tidak beretika dan pengendara motor yang berhenti ketika lampu merah muncul di persimpangan dianggap beretika.

Apa hubungannya dengan realita yang kuhadapi belakangan ini? Beberapa hari ini aku mencoba mendirikan sebuah bisnis. Rekan bisnisku menilai bahwa mencuri pasokan listrik PLN tidak apa-apa, ketika di jalan lampu merah dihiraukannya, dan yang cukup membuatku kesal adalah mengutamakan uang di atas segala-galanya. Bagiku bisnis sejatinya bukanlah sesederhana mencari uang. Kalau kita menilai bisnis berdasarkan uang berarti sama saja dengan para pekerja yang mencari pekerjaan berdasarkan uang. Lebih baik aku memilih menjadi pekerja karena tidak repot dan aman serta terjamin.

Itulah permasalahan tentang yang saat ini terjadi dalam kehidupanku. Masih banyak lagi sebenarnya masalah etika yang terjadi di sekitarku namun kupikir ini sudah cukup mewakili. Sepertinya harus ada pengalaman khusus yang dialami seseorang sehingga ia mengerti berharganya etika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: