h1

THE effect of launching

December 26, 2007

Launching suatu produk baru memang terkesan merepotkan, apalagi kalo seandainya launching itu tidak berhasil dan membuat bisnis menjadi mandeg serta melarat. Lalu apa sih gunanya launching?

Launching mestinya berguna untuk menimbulkan brand awareness ke target pasar sehingga menimbulkan top of mind dari produk itu. Menarik? Mungkin kita mesti berpikir ulang untuk tertarik terhadap launching dari suatu produk mengingat persentase keberhasilan dari launching suatu produk (berdasarkan survey konsultan bisnis asal amrik) hanyalah 5%. Lalu gimana agar launching dari suatu produk bisa berhasil dan mencapai apa yang dituju?

Sebenarnya kita mesti mendefinisikan terlebih dahulu apa sih launching itu? Launching adalah sebuah proses melempar suatu lini produk yang baru ke masyarakat melalui metode-metode dan tujuan-tujuan tertentu. Untuk lini produk yang baru dan inovatif, launching memiliki resiko yang besar (95% gagal) seperti yang dijelaskan di atas. Hal ini disebabkan rendahnya awareness dari pasar terhadap sebuah inovasi, added value yang belum dirasakan secara langsung oleh masyarakat, dan budaya skeptis yang ada di masyarakat. Namun, untuk produk yang tidak inovatif, hanya hasil modifikasi memiliki peluang berhasil yang lebih besar.

Mati kita lakukan studi kasus. Sebagai contoh yang pertama, saya menggunakan segmen minuman isotonik sebagai contoh. Perhatikan upaya Pocari Sweat mengedukasi pasar Indonesia agar masyarakat Indonesia mengerti nilai lebih yang mereka tawarkan. Untuk mendapatkan untuk awareness dari masyarakat saja mereka membutuhkan waktu bertahun-tahun dan baru merasakan manfaatnya kini. Bandingkan dengan Mizone 
yang hanya butuh waktu sekitar 3 tahun untuk bisa meraih perhatian pasar, dan mereka merasakan manfaatnya saat itu juga. Mengapa begitu ? Pertama, Pocari Sweat menawarkan lini produk yang benar-benar inovatif dan tidak dimengerti masyakat Indonesia kegunaannya. Sebenarnya Pocari Sweat juga bisa dikatakan berjudi mengingat peluang mereka untuk berhasil sangat kecil, apalagi tingkat kesadaran penduduk Indonesia akan kesehatan cukup rendah. Namun mereka terus bekerja keras untuk mampu mengedukasi pasar. Hasilnya? Kini mereka mampu menjadi raja di minuman isotonik. Bagaimana dengan mizone? Dalam waktu singkat mereka mampu meraih perhatian pasar dan kini membayangi Mizone di pasar minuman isotonik di Indonesia.

Untuk me-launching suatu produk memang dibutuhkan upaya yang tekun serta menyentuh keinginan pasar. Effect dari launching ini akan mendatangkan awareness pasar terhadap produk kita. Launching yang tidak menyentuh keinginan pasar? Yah, lakukan evaluasi segera. Kalo ngga’ siap-siap aja buat merugi.

Launching yang dimaksud tidak hanya sebatas upaya ceremonial di awal peluncuran produk. Alangkah lebih baik jika launching dilakukan secara komprehensif (menyeluruh lini publikasi sehingga bandingan kebutuhan yang dibutuhkan terdeteksi). Tetapi permasalahan anggaran umumnya membuat perusahaan harus memilih, sisi apa yang digunakan pada launching. Untuk memudahkan mengetahui celah-celah dalam menentukan metode launching, gunakan marketing mix(price, product, position, promotion) agar bisa meng-efisiensikan launching. Sebagai contoh, apakah layak melakukan launching produk toiletris di pasar tradisional jika produk yang toiletris itu berharga selangit?

Untuk metode launching non ceremonial, perusahaan bisa melakukan promo demo produk, menjadi sponsor sebuah event, atau menjadi peserta pameran, bisa juga aktif meng-kampanyekan produk di media-media, atau mungkin ada metode launching yang lebih efektif?

Oleh karena itu, persiapkanlah launching produk anda dan rasakan efek dari launching…

WAOW…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: