h1

Harga Minyak Mengkhawatirkan?? Tergantung..

December 15, 2007

Aduhh.. Harga minyak mentah bakal naik?? Mati awak…

Ini artinya akan ada penyesuaian harga bagi industri yang ada di seluruh dunia plus penyesuaian penyusunan anggaran oleh negara, apabila di negara berkembang dan miskin. Dampaknya mulai kerasa neh.. Harga saham mulai fluktuatif, pemerintah mulai kebingungan untuk memilih mensubsidi harga minyak atau membiarkan harga minyak naik mengikuti trend pasar.

Susahnya menjadi negara berkembang… Btw, sebenarnya ini momen yang baik bagi para pelaku saham. Isu mengenai naiknya harga saham membuat pelaku saham mampu membeli saham ketika harga turun, kemudian untuk di beberapa bidang industri tertentu, mereka bisa melakukan penjualan tepat ketika harga saham melambung tinggi. Sepertinya industri otomotif yang akan mengalami dampak paling signifikan dari kenaikan harga minyak. Volume penjualan menjadi turun dan tingkat kepercayaan pemegang saham juga ikutan menukik. Menurutku sudah bukan pilihan bijak lagi untuk meng-investasikan saham ke dalam pergolakan bisnis otomotif. Walaupun penetrasi pasar dalam penjualan mobil masih rendah, dan masih ada ruang bagi penjualan motor untuk melakukan penjualan, tetapi komoditas ini masih sangat bergantung pada harga BBM. Ketidakstabilan politik dunia akan membuat industri ini mudah terombang-ambing. Hingga nantinya ditemukan mobil dengan bahan bakar pengganti minyak dan ramah lingkungan yang komersil, bagiku industri otomotif telah mencapai titik jenuh.

Namun kenaikan harga minyak ini akan membuat para pemilik saham di perusahaan perminyakan semakin makmur. Hal ini terbukti dari meningkatnya nilai kekayaan para saudagar arab (para juragan minyak dari timur tengah) dan mereka mulai menjamah dunia pasar saham di amerika dan eropa. Kenaikan harga minyak lebih baik dimanfaatkan untuk membeli saham perusahaan makanan, hiburan, perbankan, atau apa yang menurut anda akan mengalami kenaikan trend harga saham lagi. Perusahaan makanan dan hiburan memang pasti merasakan dampak dari kenaikan harga saham, namun ketika perubahan ini berhasil disesuaikan ditambah dengan kestabilan perekonomian Indonesia, harga saham ini akan cenderung naik dan kembali ke nilai aslinya. Sementara untuk perbankan, sejauh ini belum ada issue yang akan mengguncang perekonomian Indonesia seperti yang terjadi di tahun 1998. Biarpun nantinya mereka akan terkena imbas dari kenaikan saham, tetapi justru mereka akan mendapatkan return yang lebih banyak setelah perekonomian kembali stabil. Hal ini dikarenakan semakin naik harga, semakin besar kemungkinan untuk melakukan peminjaman dari bank. Ditambah lagi, tak bisa dipungkiri bahwa secara infrastuktur dan teknologi yang telah maju, dunia perbankan kini sedang mengalami peningkatan kinerja.

Yah, semua analisisku ini hanya didasarkan pada pengetahuanku dan intuisiku, jangan terlalu dipercaya. Mungkin benar, tapi sepertinya salah. Hehehe… Inti pembicaraanku adalah, kenaikan harga minyak tak harus dicemaskan secara berlebihan bagi mereka yang bisa menangkap peluang. Dengan anugerah kemampuan  menangkap peluang yang dimilik, harusnya hal ini tidak terlalu didramatisir.

PS    :    Hati-hati dengan para ‘broker kampung’. Bisa-bisa mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk ‘menggoreng’ saham-saham tertentu!! Waspadalah! Analisis nilai kelayakan suatu saham sebelum anda melakukan pembelian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: