h1

Ternyata bangsa kita (tidak) payah..

November 24, 2007

Mengejutkan, membanggakan, dan menyenangkan. Kesan-kesan ini yang tersirat di benakku ketika mengetahui bahwa ternyata ada juga perusahaan dari Indonesia yang menjadi pemimpin pasar dunia bisnis. Kebenaran ini kudapat setelah membaca tabloid SWA edisi terbaru (22 Nov – 5 Des 2007).  PT.Hartindo mampu menunjukkan kualitasnya sebagai pemimpin pasar bisnis gas pemadam kebakaran di dunia, Ada juga tepung agar-agar swallow globe yang ternyata peringkat 2 di dunia bisnis tepung agar-agar, lalu ceres (dengan produk andalan silverqueen, coklat delfi yang diakuisisi oleh mereka) yang menjadi peringkat 3 pasar dunia coklat olahan. Not bad, bahkan bisa dibilang mantep! Sekedar informasi, nilai ekspor dari ceres adalah US$599,8 juta (periode kuartal 3 tahun ini) , kemudian volume ekspor dari swallow globe menyentuh angka 220 ton di dunia pada tahun 2006. Ini sebuah pencapaian yang cool banget!!

Ternyata di tengah carut marutnya regulasi dunia usaha di Indonesia, dimana peraturan daerah dan peraturan pemerintah acapkali bertentangan, ternyata ada pengusaha yang mampu lepas dari jeratan lingkungan yang tidak kondusif kemudian menjadi penguasa pasar global.  Acungan jempol untuk mereka (walau ada kemungkinan beberapa perusahaan melakukannya dengan cara yang tidak semestinya).

Beberapa trik dan kelihaian dilakukan oleh para pelaku usaha yang sukses secara global ini untuk mencapai tujuan mereka. Ceres misalnya, mereka memindahkan pabrik mereka ke Singapura untuk mendapatkan brand image yang positif di mata dunia. Kemudian PT.Hartanto mematenkan temuan mereka yaitu pemadam kebakaran yang ramah lingkungan (tidak menggunakan gas halon yang tidak ramah lingkungan) ke kantor hak paten di Inggris, dan trik-trik menarik lainnya.

Aku yakin pembaca majalah SWA edisi ini yang benar-benar meneliti, memahami, dan menghayati isi dari artikel mengenai bahasan perusahaan Indonesia yang berhasil menjadi pemimpin pasar global, pasti akan tergugah semangatnya untuk membangun usaha yang mampu menjadi pemimpin pasar dunia global. Yah, mereka saja bisa. Masa’ kita nggak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: