h1

Terkadang, ketika kita merasa kita salah dan yang lain benar, ternyata kitalah yang benar

August 31, 2007

Hari ini, aku cukup merasa kaget. Hari ini, aku harus menghadapi kuis untuk kuliah rekayasa trafik. Kuis kali ini tidak begitu sulit (setidaknya begitu menurutku) dan aku bisa menjawab hanya dalam waktu 25 menit (dikarenakan telat hingga 30 menit). Ketika menjawab soal, aku merasa bahwa soal tersebut mudah sekali dan bisa dengan cepat diselesaikan. Tetapi, ketika aku bertanya kepada teman2ku tentang bagaimana menurut mereka tentang kuis ini, mereka menjawab bahwa soal kuis kali ini sangat sulit. Bagaimana mungkin? Apakah aku terlalu jenus? Atau jangan2 aku memang tidak belajar? Ternyata ketika pembahasan soal dilakukan, Pak Dosen berkata bahwa hampir seisi kelas banyak sekali yang salah. “Saya agak bingung. Tadi ada yang telat sampai 30 menit. Trus soal kayak gini bisa diselesain pas kalian semua dah pada selesai. Banyak yang bener lagi..Saya ga ngerti, apakah terlalu jenius mungkin ya??”, sindir dosen. Aku mengetahui bahwa sindiran tersebut mengarah kepadaku, karena tidak ada yang terlambat hingga 30 menit di kelas tersebut selain aku. Kemudian dia melakukan pembahasan soal. Ajaib!! Jawabanku bener semua!! Hanya saja, menurut si dosen, tidak menjelaskan secara lengkap darimana prosesku menemukan jawabanku secara lengkap. Jadinya, jawabanku tidak mendapat nilai yang maksimal.

Ini, sebuah kejadian yang cukup mengejutkan bagiku. Bagaimana mungkin aku yang biasanya salah dalam menjawab soal dari dosen, berpikir dengan kerangka berpikir yang sering bertentangan dengan rekan-rekanku ternyata kali ini benar. Artinya, jangan pernah takut untuk mempercayai apa yang benar menurut kita. Tetapi jangan menolak bahwa seandainya kita terbukti salah, kita harus mengakui kesalahan kita. Yups, that’s an interesting moment for me today. Semoga seterusnya jauh lebih baik…

Leave a Reply

