h1

Operator baru seluler CDMA di Indonesia, apakah bisa mengikuti jejak operator CDMA yang lain?

August 30, 2007

Penduduk Jawa dan sekitarnya, bersiaplah untuk menikmati operator seluler baru di ranah teknologi CDMA. Sebentar lagi, sebuah operator seluler milik sinar mas group akan meluncurkan produk telekomunikasi CDMA terbaru bernama SMART. SMART adalah teknologi CDMA yang beroperasi di frekuensi 1900 MHz, berbeda dengan kebanyakan layanan CDMA saat ini. Mereka menawarkan layanan teknologi transfer data berkecepatan tinggi, dengan harga yang murah dan bersaing. Layanan transfer data ini menggunakan versi teknologi CDMA Evolution Data Optimized (EVDO) yang akan hadir selang dua bulan setelah peluncuran perdana.

CDMA EVDO merupakan evolusi dari teknologi CDMA 2000-1X yang dikembangkan oleh vendor jaringan asal Amerika Serikat, Qualcomm Inc. Salah satu kelebihan dari EVDO adalah kecepatan transfer data yang mencapai lebih dari 2,4 mega bit per detik (mbps). Kecepatan transfer data EVDO ini mencapai 37 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan transfer data GPRS yang mencapai 64 kilo bit per detik (kbps) dan 12 kali lebih cepat dibandingkan teknologi EDGE 200 kbps.

Hanya saja, bagi pelanggan CDMA kebanyakan, mungkin layanan ini belum bisa dimanfaatkan. Hal ini dikarenakan telepon seluler berbasis CDMA yang kebanyakan digunakan di Indonesia beroperasi pada region frekuensi 800 MHz. Walaupun begitu, sepertinya kehadiran SMART akan menambah nilai kompetisi di bisnis operator seluler berbasis CDMA. SMART akan diluncurkan di pulau jawa pada bulan september nanti dan bisa dinikmati di wilayah Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: