h1

Baterai setebel kertas?? Ajaib..

August 16, 2007

Can you imagine if this world can be moved by an imagination?? Sebuah bukti bahwa imajinasi dapat menciptakan perubahan menjadi nyata hari ini. Dilansir dari BBC hari kamis (16/08/07), Profesor Robert Linhardt mengungkapkan bahwa ia sedang mengembangkan sebuah teknologi energi yang menggunakan bahan fleksibel seperti kertas dengan ukuran sedikit lebih tebal dari kertas prangko. Ia menegaskan bahwa, baterai tersebut mengandung carbon nanotube sebagai elektroda dan dalam keadaan terpotong atau terlipat, baterai ini masih bisa berfungsi. Karena hanya mengandung kertas dan karbon sebagai unsur utama, pengaruhnya terhadap tubuh juga diklaim tidak berbahaya seperti baterai biasa yang bisa mengeluarkan racun.

Untuk saat ini ia menegaskan bahwa daya keluaran dari baterai ini masih kecil, hanya setara untuk menyalakan alat dengan tegangan 2,3 volt. Meskipun demikian, ia kini sedang mengembangkan teknologi ini agar nantinya bisa menjadi teknologi utama yang dipakai di masyarakat. Hanya saja ia mengungkapkan bahwa hingga saat ini peralatan utama  produksi baterai ini masih sangat mahal dan mungkin sulit dijangkau masyarakat. Hingga kini ia memperkirakan bahwa alternatif energi ini mungkin masih hanya sebatas penelitian dan belum bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

Keren yak?? Kisah ini semakin membuat kita mendekati eranya Doraemon. Pada komik doraemon edisi berapa gitu… ada kisah yang mengungkapkan tentang sumber energi yang hanya menggunakan sebuah kertas. Ajaib euy…. Kapan yak Doraemon hadir ke Bumi??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: