h1

Ternyata kejatuhan wallstreet pengaruhi performa IHSG

August 14, 2007

Krisis di Wallstreet yang diakibatkan kredit macet di sektor perumahan, ternyata mempengaruhi performa IHSG secara keseluruhan. Dilaporkan bahwa IHSG kini turun hingga 39,466 poin (penutupan sesi I senin 13/08/07) . Saham-saham yang tercatat mengalami penurunan adalah saham PT.Timah(turun Rp.450), PT.Astra(turun Rp. 400),  dan Perusahaan Gas Negara (Turun Rp. 300). Masih ada beberapa saham lagi yang mengalami penurunan, namun tidak begitu signifikan (total ada 255 saham yang mengalami penurunan indeks). Kejadian ini disebabkan oleh profit taking yang dilakukan besar-besaran oleh investor internasional (terutama dari U.S). Bukan hanya bursa saham yang mengalami dampak dari kejatuhan wallstreet, indeks valas pun mengalami kejatuhan. Saat ini hampir seluruh mata uang asia mengalami kejatuhan dari dollar.

Seperti pada artikel yang posting sebelumnya, kejatuhan pasar wallstreet dikhawatirkan akan membuat pasar saham negara2 berkembang mengalami situasi kolaps.
Hal ini disebabkan oleh komponen penyusun investasi dunia pasar modal lokal kebanyakan berasal dari investor asing (terutama U.S). Ketika terjadi kejatuhan di perekonomian U.S, tentu saja pihak investor beramai-ramai menarik uangnya dari pasar modal internasional. Meskipun begitu, seperti yang kusebutkan pada posting sebelumnya, kejatuhan wallstreet harusnya jadi ajang bagi investor pemula untuk membeli saham yang bagus dengan harga yang murah. Kita tunggu saja kelanjutan dari kejatuhan wallstreet kali ini. Apakah akan berlangsung lama?? Atau hanya sindrom sesaat??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: