h1

CEO ga tau peran bursa saham? Gimana nih…???

August 5, 2007

Ternyata berdasarkan survei BAPEPAM, ada banyak CEO yang ga ngerti gunanya bursa saham. Gimana nih?? Padahal aku yang baru jadi CEO perusahaan kecil2an aja tahu fungsinya bursa saham. Survei ini diungkapkan oleh LK Djoko Hendratto, Kepala Biro Pengelolaan Investasi BAPEPAM, di hotel Novotel, jalan cihampelas, Bandung, minggu (5/8/07). Ia mengungkapkan bahwa sebanyak 35% CEO perusahaan yang ada di Indonesia tidak mengetahui peran dari bursa saham. Bahkan 1,9% CEO dari perusahaan mengungkapkan perlunya insentif untuk perusahaan yang masuk bursa.. Cape deh… Yang butuh siapa coba,,

Padahal kalo kita analisis, banyak banget keuntungan dari terdaftarnya perusahaan Indonesia ke pasar bursa.

1. meningkatkan nilai kapitalisasi perusahaan. Perusahaan ga perlu repot lagi nyari modal apabila dalam pelaksanaan operasionalnya membutuhkan biaya yang besar dan banyak.

2. Menaikkan pamor perusahaan. Perusahaan yang umumnya terdaftar dalam bursa saham adalah perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang baik, dan punya brand yang kuat bagi masyarakat.

3. Menunjukkan eksistensinya di dunia bisnis.

4. Marketing tools yang ampuh.. Perusahaan yang pamornya baik, tentu saja punya tempat tersendiri untuk masyarakat.

5. Menunjukkan kepeduliannya terhadap peran masyarakat dalam pengembangan perusahaannya. Ini mungkin hal yang ga begitu diperhatiin ama perusahaan. Masyarakat tuh sebenarnya tertarik banget untuk punya peranan di perusahaan. Saham yang kita ke masyarakat, sebenarnya menunjukkan kepedulian kita terhadap masyarakat.

Masa sih dari 5 fungsi, yang mungkin sebenarnya masih banyak fungsi yang lain, ini perusahaan masih minta insentif ke BEJ?? Dapet duit darimana BEJ ?? Cape deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: